Sabtu, 02 Februari 2008

Pemilihan Media Pendidikan


  1. Beberapa kreteria yang perlu diperhatikan dalam memilih media yaitu :

    • Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai
    • Temapat mendukung isi pelajaran yang sifatnya fakta, konsep, prinsip, atau generalisasi
    • Praktis, luwes dan bertahan
    • Guru trampil menggunakannnya
    • Pengelompokan sasaran
    • Mutu tekhnis

  2. Menurut Dick dan Carey, factor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih media yaitu :
    • Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai
    • Ketersediaan sumber setempat
    • Faktor yang menyangkut keluwesan, kepraktosan dan ketahanan media yang bersangkutan untuk waktu yang lama
    • Efektifitas biayanya dalam waktu yang panjang

  3. Kreteria yang perlu diperhatikan dalam memilih media antara lain :
    • Kemampuan mengakomodasikan penyajian stimulus yang tepat (visual atau audio)
    • Kemampuan mengakomodasikan respon siswa yang tepat (tertulis, audio atau kegiatan fisik)
    • Kemampuan mengakomodasikan umpan balik
    • Pemilihan media utama dan media skunder untuk penyajian informasi atau stimulus dan untuk latihan tes.

  4. Hakikat pemilihan media adalah keputusan untuk memakai, tidak memakai atau mengadaptasi media yang bersangkutan

  5. Menurut Prof. Ely, “Pemilihan media seyogyanya tidak terlepas dari konteksnya bahwasanya media merupakan komponen dari system instruksional secara keseluruhan

  6. Cara menerapkan media pengajaran yaitu dengan melihat hasil belajar yang dininginkan untuk meningkatkan kemampuan sesorang, menerapkan atau mentransfer hasil belajar pada masalah atau situasi yang baru

  7. Beberapa hambatan yang dialami untuk mengaplikasikan media pengajaran antara lain : Faktor-faktor dana, fasilitas dan peralatan yang telah tersedia, waktu yang tersedia, dan sumber-sumber yang tersedia.

  8. Pada tingkat menyeluruh dan umum pemilihan media dapat dilakukan dengan pertimbanagn factor-faktor sebagai berikut :

    • Hambatan pengembangan dan pembelajaran yang meliputi Faktor-faktor dana, fasilitas dan peralatan yang telah tersedia, waktu yang tersedia, dan sumber-sumber yang tersedia.
    • Persyaratan isi, tugas dan jenis pembelajaran
    • Pertimbangan lainnya seperti tingkat kesenangan (preferensi lembaga, guru dan pelajar) dan keefektifan biaya.

0 komentar:

Posting Komentar