Sabtu, 02 Februari 2008

Jenis-Jenis Media Pengajaran


  1. Berdasarkan perkembangan teknologi, media pengajaran dapat dibagi dalam empat kelompok, yaitu:
    • Media hasil teknologi cetak
    • Media teknologi audio visual
    • Media hasil teknologi yang berdasarkan computer
    • Media hasil gabungan teknologi cetak dan komputer
  2. Kategori media menurut Seels dan Glasgow :
    • Pilihan media tradisional
    1. Visual diam yang diproyeksikan: proyeksi apaque, proyeksi overhead, slides, film strips.
    2. Visual tak diproyeksi: gambar, poster, foto, charst, grafik, diagram, pameran, papan info, papan-buku.
    3. Audio: rekaman piringan, pita-kaset, reel, catridge.
    4. Penyajian multimedia: slide plus sura, multi image.
    5. Visual dinamis yang diproyeksikan: film, televise, video.
    6. Cetak: buku, modul, teks terprogram, workbook, majalah ilmiah, lembaran lepas.
    7. Permainan: teka-teki, simulasi, permainan papan.
    8. Realita: model, specimen (contoh), manipulatif (peta/ boneka)
  3. Pilihan media mutakhir
    • Media berbasis telekomunikasi: teleconference, kuliah jarak jauh
    • media bebasis mikroprosesor: computer- assisted instructiuon, permainan computer, sisten tutor intelijen, interaktif, hypermedia, compact.
  4. Keterbatasan media cetakan, yaitu :
    • Sulit menampilkan gerak dalam halaman media cetakan
    • Biaya percetakan akan mahal apabila ingin menampilkan gambar atau foto yang berwarna warni.
    • Proses percetakan media seringkali memakan waktu yang lama, tergantung peralatan percetakan dan kerumitan informasi pada halaman cetakan.
    • Pembagian unit-unit pembelajaran dalam media cetakan harus dirancangsedimikian rupa sehingga tidak panjang dan membosankan siswa.
    • Umumnya media cetakan dapat membawa hasil yang baik jika tujuan pelajaran itu bersifat kognitif.
  5. Kelebihan dan keterbatasan media pamer, yaitu:
    • Kelebihan:
      • Bermanfaat di ruang manapun tanpa ada harus penyelesaian khusus
      • Pemakai dapat secara fleksibel memuat perubahan-perubahan sementara penyajian berlangsung
      • Fasilitas papan tulis atau white board selalau tersedia ri ruang-ruang kelas.
    • Keterbatasan:
      • Terbatas penggunaanya pada kelompok kecil
      • Memerlukan keahlian khusus dari penyajiannya (apalagi jika memerlukan penjelasan verbal)
      • Mungkin tidak dianggap penting jika dibandingkan dengan media-media yang diperokyeksikan
      • Pada saat menulis di depan, guru membelakangi siswa, dan jika ini berlangsung lama tentu akan menggangu suasana pengelolaan kelas.
  6. Kelebihan OHP yaitu :
    • Pantulan proyeksi gambar dapat dilihat jelas pada ruangan yang jelas (tidak perlu pada ruangan yang gelap) sehingga guru dan murid tetap akan saling melihat
    • Dapat menjangkau kelompok yang besar
    • Guru selalu dapat bertatap muka dengan siswa karena OHP dapat diletakkan di depan kelas daqn dengan demikian ia selalu akan mengendalikan kelasnya
    • Peralatanya mudah diopersikan dan tidak memerlukan perawatan khusus
    • Memiliki kemampuan untuk menampilkan warna
  7. Pendapat ahli jiwa bahwa pola kematangan anak melalui tiga tingkatan, yaitu :
    • Perkembangan abilitet untuk melihat objek-objek di dalam gambar
    • Memperkembangkan anabilitetuntuk menentukan objek-objek yang dapat dilihat
    • Perkembangan anabilitet untuk menafsirkan menarik kesimpulan, artinya ia telah dapat menyatakan bahwa gambar itu mengandung cerita tertentu.
  8. Klasifikasi media antara lain :
    • Menurut Rudi Bretz:

      1. Ciri utama media:
        • Suara
        • Visual: Gambar visual, Garis, Simbol
        • Gerak
  9. 8 klasifikasi media:
    • Media audio visual gerak
    • Media audio visual diam
    • Media audio semi gerak
    • Media visual diam
    • Media visual semi gerak
    • Media audio
    • Media cetak
  • Menurut Oemar Hamalik, klasifikasi media yaitu:
    • Alat-alat visual yang dpat dilihat, contohnya papan tulis, filmstrip, dsb
    • Alat-alat yang bersifat auditatif atau hanya dapat didengar contohnya radio
    • Alat-alat yang bias dilihat dan didengar; contohnya film dqan televisi
    • Dramatisasi, bermain peranan, sosiodrama, sandiwara boneka, dsb
  • Menurut Gagne, 7 macam pengelompokkan media yaitu:
    • benda untuk didemonstrasikan
    • komunikasi lisan
    • gambar cetak
    • gambar diam
    • gamabar gerak
    • film bersuara
    • mesin belajar

  • Menurut Schramm, yaitu:
    • media massal
    • media kelompok
    • media individual
  • Menurut Azhar Arsyad, yaitu:
    • Media hasil tekhnologi cetak
    • Media hasil tekhnologi audio visual
    • Media hasil tekhnologi yang berdasarkan computer
    • Media hasil bangunan anatara tekhnologi cetak dan komputer

  • Menurut Santoso S. Hamidjaya, yaitu:
    • Media dan tekhnologi pendidikan yang penggunannya secara missal
    • Media dan tekhnologi pendidikan yang metode penggunaannya secara individual
    • Media dan tekhnologi pendidikan yang penggunaannya secara konvensional
    • Media dan tekhnologi pada pendidikan modern
  • Menurut R. Munry Thomas, yaitu:
    • Pengalaman dari benda asli
    • Pengalaman dari benda tiruan
    • Pengalaman dari kata-kata
  • Jenis media antara lain :
    • Media grafis/ visual : Media grafis merupakan media visual, media grafis ini berfungsi untuk menyalurkan pesan dari sumber kepenerima, sedangkan saluran yang dipakai menyangkut indra penglihatan dan pesan yang disampaikan dituangkan melalui lambang, symbol-simbol komunikasi visual. Seperti poster dan papan flannel atau flannel board.
    • Media Audio : Media ini berkaitan dengan indra pendengaran. Pesan yang akan disampaikan dituangkan kedalam lambang-lambang auditif baik verbal mauoun non verbal. Seperti radio. Alat perekam pita maknetik, piringan hitam dan laboratorium bahasa.
    • Media audio visual:
      • Media audio visual diam: gambar, sketsa, diagram.
      • Media audio visual gerak: film bersuara, gambar hidup, dan televisi.
  • Kelebihan media gambar/ foto, antara lain :
    • Sifatnya kongkrit dalam artian lebih relistis menunjukkan pokok masalah dibandingkn dengan media verbal semata.
    • Gambar dapat mengatasi keterbatasab ruang dan waktu
    • Gambar dapat mengatasi keterbatasan pengalaman
    • Dapat memperjelas suatu masalah
    • Murah harganya, mudah diperoleh dan digunakan.
  • Langkah-langkah penggunaan media:
    • Analisis kebutuhan dan karakteristik siswa. Dalam proses belajar mengajar, kebutuhan adalah kesenjangan antara kemampuan, keterampilan dan sikap siswa yang kita inginkan dengan kemampuan, keterampilan dan sikap siswa yang dimiliki siswa.
    • Kriteria pemilihan media sebagaimana diungkapkan oleh Dick dan Carey, yaitu :
    • Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai

      • Ketersediaan sumber setempat
      • Terdapat dana tenaga dan fasilitas untuk membeli atau memproduksi sendiri
      • Faktor yang menyangkut keluwesan, kepraktosan dan ketahanan media yang bersangkutan untuk waktu yang lama
      • Efektifitas biayanya dalam waktu yang panjang
      • Pelaksanaan uji coba/ evaluasi : Penilaian/ evaluasi dimaksudkan untuk mengetahui apakah media yang dibuat dapat mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan atau tidak.

      Tiga kemungkinan yang terjadi dalam evaluasi, yaitu:
      • Apabila media yang digunakan terdapat suatu kekurangan maka kemungkinan media tersebut akan dimodifikasi.
      • Apabila media yang digunakan sama sekali tidak menghasilkan tujuan dari apa yang didinginkan, maka itu akan dilakukan perombakan total terhadap media tersebut.
      • Media yang kita pergunakan telah mencapai tujuan yang diinginkan maka media tersebut dianggap baik dan dapat dipertahankan.

    0 komentar:

    Posting Komentar