- Berdasarkan perkembangan teknologi, media pengajaran dapat dibagi dalam empat kelompok, yaitu:
- Media hasil teknologi cetak
- Media teknologi audio visual
- Media hasil teknologi yang berdasarkan computer
- Media hasil gabungan teknologi cetak dan komputer
- Kategori media menurut Seels dan Glasgow :
- Pilihan media tradisional
- Visual diam yang diproyeksikan: proyeksi apaque, proyeksi overhead, slides, film strips.
- Visual tak diproyeksi: gambar, poster, foto, charst, grafik, diagram, pameran, papan info, papan-buku.
- Audio: rekaman piringan, pita-kaset, reel, catridge.
- Penyajian multimedia: slide plus sura, multi image.
- Visual dinamis yang diproyeksikan: film, televise, video.
- Cetak: buku, modul, teks terprogram, workbook, majalah ilmiah, lembaran lepas.
- Permainan: teka-teki, simulasi, permainan papan.
- Realita: model, specimen (contoh), manipulatif (peta/ boneka)
- Pilihan media mutakhir
- Media berbasis telekomunikasi: teleconference, kuliah jarak jauh
- media bebasis mikroprosesor: computer- assisted instructiuon, permainan computer, sisten tutor intelijen, interaktif, hypermedia, compact.
- Keterbatasan media cetakan, yaitu :
- Sulit menampilkan gerak dalam halaman media cetakan
- Biaya percetakan akan mahal apabila ingin menampilkan gambar atau foto yang berwarna warni.
- Proses percetakan media seringkali memakan waktu yang lama, tergantung peralatan percetakan dan kerumitan informasi pada halaman cetakan.
- Pembagian unit-unit pembelajaran dalam media cetakan harus dirancangsedimikian rupa sehingga tidak panjang dan membosankan siswa.
- Umumnya media cetakan dapat membawa hasil yang baik jika tujuan pelajaran itu bersifat kognitif.
- Kelebihan dan keterbatasan media pamer, yaitu:
- Kelebihan:
- Bermanfaat di ruang manapun tanpa ada harus penyelesaian khusus
- Pemakai dapat secara fleksibel memuat perubahan-perubahan sementara penyajian berlangsung
- Fasilitas papan tulis atau white board selalau tersedia ri ruang-ruang kelas.
- Keterbatasan:
- Terbatas penggunaanya pada kelompok kecil
- Memerlukan keahlian khusus dari penyajiannya (apalagi jika memerlukan penjelasan verbal)
- Mungkin tidak dianggap penting jika dibandingkan dengan media-media yang diperokyeksikan
- Pada saat menulis di depan, guru membelakangi siswa, dan jika ini berlangsung lama tentu akan menggangu suasana pengelolaan kelas.
- Kelebihan OHP yaitu :
- Pantulan proyeksi gambar dapat dilihat jelas pada ruangan yang jelas (tidak perlu pada ruangan yang gelap) sehingga guru dan murid tetap akan saling melihat
- Dapat menjangkau kelompok yang besar
- Guru selalu dapat bertatap muka dengan siswa karena OHP dapat diletakkan di depan kelas daqn dengan demikian ia selalu akan mengendalikan kelasnya
- Peralatanya mudah diopersikan dan tidak memerlukan perawatan khusus
- Memiliki kemampuan untuk menampilkan warna
- Pendapat ahli jiwa bahwa pola kematangan anak melalui tiga tingkatan, yaitu :
- Memperkembangkan anabilitetuntuk menentukan objek-objek yang dapat dilihat
- Perkembangan anabilitet untuk menafsirkan menarik kesimpulan, artinya ia telah dapat menyatakan bahwa gambar itu mengandung cerita tertentu.
- Klasifikasi media antara lain :
- Menurut Rudi Bretz:
- Ciri utama media:
- Suara
- Visual: Gambar visual, Garis, Simbol
- Gerak
- 8 klasifikasi media:
- Media audio visual gerak
- Media audio visual diam
- Media audio semi gerak
- Media visual diam
- Media visual semi gerak
- Media audio
- Media cetak
- Perkembangan abilitet untuk melihat objek-objek di dalam gambar
- Alat-alat visual yang dpat dilihat, contohnya papan tulis, filmstrip, dsb
- Alat-alat yang bersifat auditatif atau hanya dapat didengar contohnya radio
- Alat-alat yang bias dilihat dan didengar; contohnya film dqan televisi
- Dramatisasi, bermain peranan, sosiodrama, sandiwara boneka, dsb
- benda untuk didemonstrasikan
- komunikasi lisan
- gambar cetak
- gambar diam
- gamabar gerak
- film bersuara
- mesin belajar
- media massal
- media kelompok
- media individual
- Media hasil tekhnologi cetak
- Media hasil tekhnologi audio visual
- Media hasil tekhnologi yang berdasarkan computer
- Media hasil bangunan anatara tekhnologi cetak dan komputer
- Media dan tekhnologi pendidikan yang penggunannya secara missal
- Media dan tekhnologi pendidikan yang metode penggunaannya secara individual
- Media dan tekhnologi pendidikan yang penggunaannya secara konvensional
- Media dan tekhnologi pada pendidikan modern
- Pengalaman dari benda asli
- Pengalaman dari benda tiruan
- Pengalaman dari kata-kata
- Media grafis/ visual : Media grafis merupakan media visual, media grafis ini berfungsi untuk menyalurkan pesan dari sumber kepenerima, sedangkan saluran yang dipakai menyangkut indra penglihatan dan pesan yang disampaikan dituangkan melalui lambang, symbol-simbol komunikasi visual. Seperti poster dan papan flannel atau flannel board.
- Media audio visual:
- Media audio visual diam: gambar, sketsa, diagram.
- Media audio visual gerak: film bersuara, gambar hidup, dan televisi.
- Sifatnya kongkrit dalam artian lebih relistis menunjukkan pokok masalah dibandingkn dengan media verbal semata.
- Gambar dapat mengatasi keterbatasab ruang dan waktu
- Gambar dapat mengatasi keterbatasan pengalaman
- Dapat memperjelas suatu masalah
- Murah harganya, mudah diperoleh dan digunakan.
- Analisis kebutuhan dan karakteristik siswa. Dalam proses belajar mengajar, kebutuhan adalah kesenjangan antara kemampuan, keterampilan dan sikap siswa yang kita inginkan dengan kemampuan, keterampilan dan sikap siswa yang dimiliki siswa.
- Kriteria pemilihan media sebagaimana diungkapkan oleh Dick dan Carey, yaitu :
- Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai
- Ketersediaan sumber setempat
- Terdapat dana tenaga dan fasilitas untuk membeli atau memproduksi sendiri
- Faktor yang menyangkut keluwesan, kepraktosan dan ketahanan media yang bersangkutan untuk waktu yang lama
- Efektifitas biayanya dalam waktu yang panjang
- Pelaksanaan uji coba/ evaluasi : Penilaian/ evaluasi dimaksudkan untuk mengetahui apakah media yang dibuat dapat mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan atau tidak.
- Apabila media yang digunakan terdapat suatu kekurangan maka kemungkinan media tersebut akan dimodifikasi.
- Apabila media yang digunakan sama sekali tidak menghasilkan tujuan dari apa yang didinginkan, maka itu akan dilakukan perombakan total terhadap media tersebut.
- Media yang kita pergunakan telah mencapai tujuan yang diinginkan maka media tersebut dianggap baik dan dapat dipertahankan.
Tiga kemungkinan yang terjadi dalam evaluasi, yaitu:
0 komentar:
Posting Komentar