Sabtu, 02 Februari 2008

Media, Komunikasi dan Teknologi Pendidikan

    1. Proses komunikasi yang mungkin terjadi selama proses pembelajaran :
      • Komunikasi searah yaitu komunikasi yang terjadi dari guru kepada siswa. Ciri-cirinya yaitu: CBSAnya rendah, sebagai komunikator adalah guru, sebagai komonikannya adalah siswa, proses peragaan cenderung bersifat demonstrasi
      • Komunikasi dua arah yaitu komunikasi antara guru dengan siswa atau antara siswa dengan guru. Ciri-cirinya yaitu: kegiatan siswa mulai nampak, guru maupun siswa sebagai komonikator.
      • Komunikasi multi arah yaitu komunikasi antara guru dengan siswa, siswa dengan guru atau siswa dengan siswa. Ciri-cirinya yaitu: CBSAnya tinggi, guru maupun siswa sebagai komunikator, proses pembelajaran akan terjadi lebih berfariasi, fungsi peragaan bersifat demonstrasi dan eksperimen.

    2. Kesalah komunikasi bisa terjadi karena beberapa sebab yaitu :
      • Guru sebagai komunikator kurang mampu menyempaikannya
      • Adanya perbedaan daya tangkap para siswa sebagai komunikan
      • Adanya perbedaan ruang dan waktu antara guru sebagai komunikator dan siswa sebagai komunikan
      • Jumlah siswa sebagai komunikan sangat besar, sehingga sukar dijangkau secara perorangan oleh guru sebagai komunikator

    3. Beberapa bentuk komunikasi yaitu :
      • Komunikasi personal, terjadi bila guru memberikan bimbingan khusus kepada siswa
      • Komunikasi kelompok, terjadi bila guru menghadapi kelompok-kelompok siswa dalam menyelesaikan kegiatan pembelajaran
      • Komunikasi massa, terjadi bila guru menghadapi jumlah siswa yang sangat banyak.

    4. Pengertian media :
      • Kata media berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari medium yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Jadi media adalah perantara atau pengantar persan dari pengirim kepada penerima pesan
      • Asosiasi Tekhnologi dan Komunikasi Pendidikan Amerika mendefinisikan media sebagai bentuk dan saluran yang digunkan orang untuk menyalurkan pesan atau informasi.
      • Menurut Gagne media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk belajar
      • Menurut Briggs media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar
      • Menurut Santoso S. Hamidjojo, media adalah semua bentuk perantara yang dipakai orang menyebar ide sehingga gagasan itu sampai pada penerima.
      • Menurut Asosiasi Pendidikan Nasional, media adalah bentuk komonikasi baik cetak maupun audio visual serta peralatannya
      • Menurut Mc. Luhan, Media adalah sarana yang disebaut chanel yang memperluas dan memperpanjang kemampuan manusia untuk merasakan, mendengar dan melihat dalam batas-batas jarak, ruang dan waktu tertentu.
      • Menurut Azhar Arsyad, media diartikan sebgai alat-alat grafis, photografis atau elektronis untuk menangkap, memproses dan menyusun kembali informasi visual atau verbal.

    5. Media pendidikan adalah perangkat lunak (soft ware) atau perangkat keras (hard ware) yang berfungsi sebagai alat belajar atau alat bantu belajar.

    6. Pengertian Tekhnologi pendidikan yaitu :
      • Menurut Santoso S. Hamidjojo, tekhnologi pendidikan adalah perluasan konsep tentang media, dimana tekhnologi bukan sekedar benda, alat, bahan atau perkakas. Tetapi tersimpan pula sikap, perbuatan, organisasi dan manajement yang berhubungan dengan penerapan ilmu dan tekhnologi dalam pendidikan.
      • Menurut Kenneth H. Silbert, tekhnologi pendidikan adalah suatu himpunan dari suatu proses yang terintegrasi, yang mengakibatkan manusia, prosedur, ide, peralatan dan organisasi untuk menganalisis masalah-masalah pendidikan dan membuat cara pemecahannya, mencobakan model-model pemecahan, mengadakan penilaian serta mengelola yang menyangkut semua aspek belajar.

0 komentar:

Posting Komentar