Sabtu, 02 Februari 2008

Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi


  • Definisi Pengukuran

    • Menurut Mahrens; pengukuran dapat diartikan sebagai informasi berupa angka yang diperoleh melalui proses tertentu.

    • Menurut Suharsimi Arikunto; pengukuran adalah membandingkan sesuatu dengan suatu ukuran

    • Menurut Lien; pengukuran adalah sejumlah data yang dikumpul dengan menggunakan alat ukur yang objektif untuk keperluan analisis dan interpretasi

  • Definisi Penilaian

    • Menurut Suharsimi Arikunto; menilai adalah mengambil keputusan terhadap sesuatu dengan baik, penilaian yang bersifat kuantitatif

    • Menurut Mahrens; penilaian adalah suatu pertimbangn professional atau proses yang memungkinkan seseorang untuk membuat suatu pertimbangan mengenai nilai sesuatu

  • Definisi Evaluasi

    • Menurut Norman E. Grounloud; evaluasi dalah suatu proses yang sistematik dan berkesinambungan untuk mengetahui efisien kegiatan belajar mengajar dan efektifitas dari pencapaian tujuan instruksi yang telah ditetapkan.

    • Menurut Edwin Wond dan Gerold W. Brown; evaluasi pendidikan atau proses untuk menentukan nilai dari segala sesuatu yang berkenaan dengan pendidikan

    • Evaluasi adalah proses pengukuran dan penilaian untuk mengetahui hasil belajar yang telah dicapai seseorang.

  • Fungsi evaluasi

    • Sebagai alat seleksi

    • Sebagai alat pengukur keberhasilan

    • Sebagai alat penempatan

    • Sebagai alat diagnostik

  • Tujuan evaluasi

    • Pada fungsi evaluasi (a), bertujuan untuk mendapatkan calon siswa pilihan yang cocok dengan jurusan dan jenjang pendidikan tertentu

    • Pada (b dan d), bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh hasil yang telah dicapai dalam proses pendidikan yang telah dilaksanakan

    • Pada (c), bertujuan untuk menentukan pendidikan lanjutan siswa agar sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan

    • Untuk menetahui taraf kesiapan siswa dalam memahami bahan pelajarannya

    • Untuk mengetahui taraf efisiensi metode yang digunakan

    • Dalam rangka promosi untuk mendapatkan bahan informasi dalam menentukan siswa untuk naik kelas, atau mengulang pada kelas yang sama

  • Tujuan evaluasi pendidikan

    • Untuk memberikan umpan balik (feed back) guna memperbaiki proses belajar mengajar

    • Untuk mengetahui hasil kemajuan belajar siswa

    • Untukmenempatkan siswa dalam situasi belajar mengajar yang sesuai dan tepat.

    • Untuk menemukan kesulitan belajar siswa dan factor penyebabnya (diagnostic)

  • Prinsip penilaian

    • Prinsip keseluruhan (integritas); prinsip ini menghendaki bahwa suatu penilaian harus mempertimbangkan seluruh aspek yang berhubungan dengan pribadi siswa atau objek yang akan dinilai

    • Prinsip berkesinambungan kontinuitas; menurut prinsip ini penilaian merupakan proses yang terus menerus.

    • Prinsip kesesuaian (objektivitas); penilaian yang baik harus didasarkan atas kenyataan yang sebenarnya dan sesuai dengan kenyataan yang terdapat pada siswa.

  • Sasaran penilaian pendidikan

    • Ranah kognitif (kemampuan intelek) ; meliputi :

      • Mengenal atau mengingat kembali

      • Pemahaman

      • Penerapan atau aplikasi

      • Perincian atau analisis

      • Pemanduan atau sintesis

      • Evaluasi

    • Ranah afektif ; berhubungan dengan pandangan siswa

    • Ranah psikomotorik ; berhubungan dengan kerja otot atau keterampilan, meliputi :

      • Persepsi

      • Kesediaan bertindak

      • Menirukan dan mencoba

      • Gerak mekanik

      • Gerak kompleks

    • Standar penilaian ; terdiri dari :

      • Standar mutlak atau standar absolute (seperti yang dilakukan pada system belajar tuntas)

      • Standar relative (tergantung pada guru)

0 komentar:

Posting Komentar