- Definisi Pengukuran
- Menurut Mahrens; pengukuran dapat diartikan sebagai informasi berupa angka yang diperoleh melalui proses tertentu.
- Menurut Suharsimi Arikunto; pengukuran adalah membandingkan sesuatu dengan suatu ukuran
- Menurut Lien; pengukuran adalah sejumlah data yang dikumpul dengan menggunakan alat ukur yang objektif untuk keperluan analisis dan interpretasi
- Definisi Penilaian
- Menurut Suharsimi Arikunto; menilai adalah mengambil keputusan terhadap sesuatu dengan baik, penilaian yang bersifat kuantitatif
- Menurut Mahrens; penilaian adalah suatu pertimbangn professional atau proses yang memungkinkan seseorang untuk membuat suatu pertimbangan mengenai nilai sesuatu
- Definisi Evaluasi
- Menurut Norman E. Grounloud; evaluasi dalah suatu proses yang sistematik dan berkesinambungan untuk mengetahui efisien kegiatan belajar mengajar dan efektifitas dari pencapaian tujuan instruksi yang telah ditetapkan.
- Menurut Edwin Wond dan Gerold W. Brown; evaluasi pendidikan atau proses untuk menentukan nilai dari segala sesuatu yang berkenaan dengan pendidikan
- Evaluasi adalah proses pengukuran dan penilaian untuk mengetahui hasil belajar yang telah dicapai seseorang.
- Fungsi evaluasi
- Sebagai alat seleksi
- Sebagai alat pengukur keberhasilan
- Sebagai alat penempatan
- Sebagai alat diagnostik
- Tujuan evaluasi
- Pada fungsi evaluasi (a), bertujuan untuk mendapatkan calon siswa pilihan yang cocok dengan jurusan dan jenjang pendidikan tertentu
- Pada (b dan d), bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh hasil yang telah dicapai dalam proses pendidikan yang telah dilaksanakan
- Pada (c), bertujuan untuk menentukan pendidikan lanjutan siswa agar sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan
- Untuk menetahui taraf kesiapan siswa dalam memahami bahan pelajarannya
- Untuk mengetahui taraf efisiensi metode yang digunakan
- Dalam rangka promosi untuk mendapatkan bahan informasi dalam menentukan siswa untuk naik kelas, atau mengulang pada kelas yang sama
- Tujuan evaluasi pendidikan
- Untuk memberikan umpan balik (feed back) guna memperbaiki proses belajar mengajar
- Untuk mengetahui hasil kemajuan belajar siswa
- Untukmenempatkan siswa dalam situasi belajar mengajar yang sesuai dan tepat.
- Untuk menemukan kesulitan belajar siswa dan factor penyebabnya (diagnostic)
- Prinsip penilaian
- Prinsip keseluruhan (integritas); prinsip ini menghendaki bahwa suatu penilaian harus mempertimbangkan seluruh aspek yang berhubungan dengan pribadi siswa atau objek yang akan dinilai
- Prinsip berkesinambungan kontinuitas; menurut prinsip ini penilaian merupakan proses yang terus menerus.
- Prinsip kesesuaian (objektivitas); penilaian yang baik harus didasarkan atas kenyataan yang sebenarnya dan sesuai dengan kenyataan yang terdapat pada siswa.
- Sasaran penilaian pendidikan
- Ranah kognitif (kemampuan intelek) ; meliputi :
- Mengenal atau mengingat kembali
- Pemahaman
- Penerapan atau aplikasi
- Perincian atau analisis
- Pemanduan atau sintesis
- Evaluasi
- Ranah afektif ; berhubungan dengan pandangan siswa
- Ranah psikomotorik ; berhubungan dengan kerja otot atau keterampilan, meliputi :
- Persepsi
- Kesediaan bertindak
- Menirukan dan mencoba
- Gerak mekanik
- Gerak kompleks
- Standar penilaian ; terdiri dari :
- Standar mutlak atau standar absolute (seperti yang dilakukan pada system belajar tuntas)
- Standar relative (tergantung pada guru)
Sabtu, 02 Februari 2008
Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi
Label:
Evaluasi Pembelajaran
0 komentar:
Posting Komentar