- Ciri-ciri pembelajaran langsung
- Adanya tujuan pembelajaran
- Sintaks atau pola keseluruhan dan alur kegiatan pembelajaran
- sistem pengelolaan dan lingkungan belajar yang mendukung berlangsung dan berhasilnya pembelajaran
- Fase dan peran guru dalam pembelajaran langsung
- Fase I, Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa.
Pada fase ini guru berperan dalam menjelaskan TPK, materi prasyarat, memotivasi siswa dan mempersiapkan siswa. - Fase II, Mendemonstrasi pengetahuan dan keterampilan
Pada fase ini guru berperan dalam mendemonstrasikan keterampilan atau menyajikan informasi tahap demi tahap - Fase III, Mebimbing pelatihan
Pada fase ini guru berperan memberikan latihan terbimbing - Fase IV, Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
Pada fase ini seorang guru berperan mengecek kemampuan siswa seperti memberi kuis terkini dan memberi umpan balik seperti membuka diskusi untuk siswa - Fase V, Memberikan latihan dan penerapan konsepPada fase ini guru berperan dalam mempersiapkn latihan untuk siswa dengan menerapkan konsep yang dipelajari pada kehidupan sehari-hari.
- Tugas perencanaan pada model pembelajaran langsung
- Merumuskan tujuan
Guru harus merumuskan tujuan pembelajaran yang relevan dengan kurikulum - Memilih isi
- Guru harus mempertimbangkan berapa banyak informasi yang akan diberikan pada siswa dalam kurun waktu tertentu.
- Guru harus selektif dalam memilih konsep yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung
- Melakukan analisis tugas
Dengan menganalisis tugas, akan membantu guru menentukan dengan tepat apa yang perlu dilakukan siswa untuk melaksanakan keterampilan yang akan dipelajari - Merencanakan waktu
Guru harus memperhatikan bahwa kurun waktu yang disediakan sepadan dengan kemampuan dan bakat siswa, memotivasi siswa agar mengerjakan tugas dengan perhatian yang optimal - Lima prinsip dasar yang dapat membimbing guru dalam merencana system penilaian dalam model pembelajaran langsung
- Sesuai dengan tujuan pembelajaran
- Mencakup semua tugas pembelajaran
- Menggunakan soal tes yang sesuai
- Membuat soal sevalid (terukur) dan sereliabel (konsisten) mungkin
Sabtu, 02 Februari 2008
Model Pembelajaran Langsung
Label:
Strategi Belajar Mengajar
0 komentar:
Posting Komentar