Sabtu, 02 Februari 2008

Model Pembelajaran Langsung


  • Ciri-ciri pembelajaran langsung
    • Adanya tujuan pembelajaran
    • Sintaks atau pola keseluruhan dan alur kegiatan pembelajaran
    • sistem pengelolaan dan lingkungan belajar yang mendukung berlangsung dan berhasilnya pembelajaran
  • Fase dan peran guru dalam pembelajaran langsung
    • Fase I, Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa.
      Pada fase ini guru berperan dalam menjelaskan TPK, materi prasyarat, memotivasi siswa dan mempersiapkan siswa.
    • Fase II, Mendemonstrasi pengetahuan dan keterampilan
      Pada fase ini guru berperan dalam mendemonstrasikan keterampilan atau menyajikan informasi tahap demi tahap
    • Fase III, Mebimbing pelatihan
      Pada fase ini guru berperan memberikan latihan terbimbing
    • Fase IV, Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
      Pada fase ini seorang guru berperan mengecek kemampuan siswa seperti memberi kuis terkini dan memberi umpan balik seperti membuka diskusi untuk siswa
    • Fase V, Memberikan latihan dan penerapan konsep
      Pada fase ini guru berperan dalam mempersiapkn latihan untuk siswa dengan menerapkan konsep yang dipelajari pada kehidupan sehari-hari.
  • Tugas perencanaan pada model pembelajaran langsung
    • Merumuskan tujuan
      Guru harus merumuskan tujuan pembelajaran yang relevan dengan kurikulum
    • Memilih isi
      • Guru harus mempertimbangkan berapa banyak informasi yang akan diberikan pada siswa dalam kurun waktu tertentu.
      • Guru harus selektif dalam memilih konsep yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung
    • Melakukan analisis tugas
      Dengan menganalisis tugas, akan membantu guru menentukan dengan tepat apa yang perlu dilakukan siswa untuk melaksanakan keterampilan yang akan dipelajari
    • Merencanakan waktu
      Guru harus memperhatikan bahwa kurun waktu yang disediakan sepadan dengan kemampuan dan bakat siswa, memotivasi siswa agar mengerjakan tugas dengan perhatian yang optimal
  • Lima prinsip dasar yang dapat membimbing guru dalam merencana system penilaian dalam model pembelajaran langsung
    • Sesuai dengan tujuan pembelajaran
    • Mencakup semua tugas pembelajaran
    • Menggunakan soal tes yang sesuai
    • Membuat soal sevalid (terukur) dan sereliabel (konsisten) mungkin

0 komentar:

Posting Komentar