Sabtu, 02 Februari 2008

Model Pembelajaran Kooperatif


  • Karakteristik pembelajaran kooperatif
    • Siswa belajar dalam kelompok, produktif mendengar, mengemukakan pendapat dan membuat keputusan secara bersama
    • Kelompok siswa terdiri dari siswa-siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah (heterogen).
    • Jika dalam kelas terdapat siswa yang terdiri dari beberapa ras, suku, budaya, jenis kelamin yang berbeda, maka diupayakan agar dalam setiap kelompok terdiri dari ras, suku, budaya, jenis kelamin yang berbeda
    • Penghargaan lebih diutamakan pada kerja kelompok daripada perorangan
  • Tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran kooperatif
    • Hasil belajar akademik
      Pembelajaran kooperatif bertujuan untuk meningkatkan kinerja siswa dalam tugas-tugas akademik seain itu banyak ahli berpendapat pembelajaran kooperatif memudahkan siswa memahami konsep yang sulit
    • Pengakuan adanya keragaman
      Pembelajaran kooperatif bertujuan agar siswa dapat menerima teman-temannya yang mempunyai berbagai macam perbedan latar belakang, antara lain ras, suku, budaya, kemampuan akademik dan tingkat sosial.
    • Pengembangan keterampilan sosial.
      Pembelajaran kooperatif bertujuan untuk mengembangkan keterampilan social siswa, seperti: berbagi tugas, aktif bertanya, menghargai pendapat orang lain, memancing temannya untuk bertanya, meu menjelaskan ide atau pendapat dalam kelompok.
  • Sintaks (langkah-langkah) pembelajaran kooperatif
    • Fase I, menyajikan tujuan dan motivasi siswa
      Guru berperan menyampaikan semua tujuan pembelajaran yang ingin dicapai pada pembelajaran tesebut dan memotivasi siswa belajar.
    • Fase II, menyajikan informasi
      Guru berperan menyajikan informasi kepada siswa dengan jalan demonstrasi atau lewat bahan bacaan.
    • Fase III, membimbing kelompok bekerja dan belajar
      Guru berperan menjelaskan kepada siswa bagaimana caranya membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok melakukan transisi secara efisien.
    • Fase IV, mengorganisasi siwa kedalam kelompok-kelompok belajar
      Guru berperan membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas
    • Fase V, evaluasi
      Guru berperan mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari atau masing-masing kelompok mempersentasikan hasil kerjanya.
    • Fase VI, memberikan penghargaan
      Guru berperan mencari cara untuk menghargai upaya atau hasil belajar individu maupun kelompok.
  • Prosedur penentuan nilai perkembangan siswa pembelajaran kooperatif
    • Langkah 1, Menetapkan skor dasar
      Setiap siswa diberikan skor berdasarkan skor kuis yang lalu
    • Langkah II, Menghitung skor kuis
      Siswa memperoleh poin untuk kuis yang berkaitan dengan pelajaran terkini
    • Langkah III, Menghitung skor perkembangan
      Siswa mendapatkan poin perkembangan yang besarnya ditentukan apakah skor kuis terkini mereka menyamai atau melampaui skor dasar mereka, dengan menggunakan skala yang diberikan.

0 komentar:

Posting Komentar